Wednesday, February 10, 2016

Power Supply Unit (PSU) : Linear Power Supply

Ock...

Dengan telah membuat rangkaian Rectifier dan rangkaian DC Adjustable Voltage-Current Regulator, maka kita telah siap untuk membuat suatu alat jadi yg dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. Alat jadi yg dimaksud ialah peralatan yg berfungsi untuk mengubahTegangan AC menjadi Tegangan DC, yaitu peralatan yg dinamakan Unit Catu Daya (Power Supply Unit / PSU).

Secara sistem kerja, maka Power Supply Unit (PSU) dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
  1. Catu Daya Linear (Linear Power Supply)
  2. Switch Mode Power Supply (SMPS)

Power Supply Unit yg akan kita buat pada bahasan kali ini akan menggunakan rangkaian Rectifier dan rangkaian DC Adjustable Voltage-Current Regulator yg telah dibuat dan dibahas pada bahasan sebelumnya, dan dengan melakukan perakitan menggunakan kedua rangkaian tersebut maka kita telah membuat Power Supply Unit yg tergolong ke dalam jenis Linear Power Supply.

Sebelum kita merakit suatu peralatan, maka hal pertama yg terlebih dahulu sebaiknya kita lakukan ialah membuat Blok Diagram Skematik (Schematic Diagram Block) dari peralatan tersebut "karena gambar lebih bermakna daripada 1001 kata", sehingga dengan begitu maka menjadi lebih mudah dan akan sangat membantu kita untuk menentukan alur kerja dari suatu sistem peralatan yg akan dibuat.

Berikut adalah blok diagram skematik dari Linear Power Supply yg akan dirakit


Penjelasan dari masing-masing blok, adalah sebagai berikut :
  1. 220 V AC Main Source, yg digunakan ialah sumber tegangan utama dalam bentuk tegangan AC dengan nilai tegangan sebesar 220 V AC.
  2. Transformator (Transformer/Trafo), yg digunakan ialah Transformator Daya Penurun Tegangan (Step Down Power Transformer) dengan jenis CT (Centre Tapped), yg pada perakitan peralatan ini memiliki kekuatan arus sebesar 1 Ampere.
  3. Rectifier (Penyearah), yg digunakan ialah rangkaian Rectifier yg telah kita buat pada bahasan sebelumnya.
  4. DC Adjustable Voltage-Current Regulator (Pengatur Tegangan-Arus DC Berubah), yg digunakan ialah rangkaian  DC Adjustable Voltage-Current Regulator yg telah kita buat pada bahasan sebelumnya.
  5. dan, pada bagian akhir diilustrasikan bentuk Tegangan DC Keluaran (DC Output Voltage) yg dihasilkan dari peralatan Linear Power Supply yg telah selesai dibuat.

Berikut adalah ilustrasi gambar dari peralatan Linear Power Supply yg telah selesai dibuat


Pada gambar diatas rangkaian Rectifier (Penyearah) dan DC Adjustable Voltage-Current Regulator (Pengatur Tegangan-Arus DC Berubah), telah dibuat dengan menggabungkan kedua rangkaian dalam hanya satu papan rangkaian.

Catatan :
  1. Tegangan Masukan (Input Voltage) 220 V AC.
  2. Trafo 1 A CT.
  3. Rectifier Circuit (Sirkuit Penyearah).
  4. Sirkuit Pengatur Tegangan-Arus DC Berubah (DC Adjustable Voltage-Current Regulator Circuit).
  5. Tegangan DC Keluaran (DC Output Voltage).

No comments:

Post a Comment