Wednesday, February 3, 2016

DC Adjustable Voltage-Current Regulator

Ock...

Bahasan berikutnya ialah lanjutan dari rangkaian Penyearah (Rectifier), yaitu rangkaian Pengatur Tegangan DC (Direct Current Voltage Regulator).

Secara kerja sistem ada 2 (dua) jenis rangkaian Pengatur Tegangan DC (DC Voltage Regulator), yaitu :
  1. Pengatur Tegangan DC Tetap (DC Fixed Voltage Regulator). Umumnya berarti, tinggi rendah Tegangan DC Keluaran (DC Output Voltage) tidak bisa diubah-ubah, karena besar Tegangan DC Keluaran telah ditetapkan (fixed), biasanya tinggi rendah Arus DC Keluaran (DC Output Current) -nya pun sudah ditetapkan.
  2. Pengatur Tegangan DC Berubah (DC Adjustable Voltage Regulator). Umumnya berarti, tinggi rendah Tegangan DC Keluaran bisa diubah-ubah, sehingga Tegangan DC Keluaran bisa dirubah-rubah (adjustable) sesuai dengan keinginan pengguna, biasanya begitu juga tinggi rendah Arus DC Keluaran dapat pula dirubah-rubah.

Pada bahasan kali ini, saya akan menunjukkan rangkaian Pengatur Tegangan-Arus DC Berubah (DC Adjustable Voltage-Current Regulator). Berikut adalah gambar skematik rangkaian yg dibuat dalam software EAGLE



dan berikut adalah gambar rangkaian yg telah jadi dan siap digunakan



Catatan :
  1. Penggunaan Transistor Daya (Power Transistor) disesuaikan dengan kebutuhan arus yg diinginkan, wajib untuk membaca Lembaran Data Teknis (Datasheet) dari transistor yg akan digunakan.
  2. Maximum pengoperasian rangkaian ialah sebesar 3 - 5A, untuk pengoperasian menggunakan arus yg lebih tinggi maka wajib untuk menambah jumlah Power Transistor (dengan cara "piggy backed") dengan menggunakan Heatsink yg lebih baik dan menambah besar jalur PCB untuk aliran Tegangan + (Positive).
  3. Keluaran rangkaian ialah hanya 2 (dua) output, yaitu Tegangan + (Positive) dan 0 (Ground), tanpa Tegangan - (Negative).
  4. Untuk mendapatkan efisiensi pendinginan, maka rangkaian Power Transistor berikut Resistor Beban (Load Resistor) dapat dipasang secara terpisah dan begitu pula dengan rangkaian Elco Bank.
  5. Elco Bank dapat dirubah-rubah sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  6. Resistor Berubah Nilai (Variable Resistor) yg digunakan untuk mengatur/mengubah-ubah tinggi dan rendah nilai tegangan DC dapat dipasang pada kotak (box) dan terpisah dari rangkaian (mounting), dan dapat pula diganti dengan Potensiometer (Potentiometer) dengan nilai yg sama.
  7. Untuk keterangan yg lebih mendetail dan pemodifikasian rangkaian untuk pengaturan tegangan dan arus dengan model rangkaian2 yg lain, maka wajib untuk membaca Datasheet Integrated Circuit (IC) LM723.
  8. Dengan melakukan modifikasi, maka rangkaian DC Adjustable Voltage Regulator dapat dirubah menjadi DC Fixed Voltage Regulatorn vice versa of course... :D

1 comment: