Saturday, February 13, 2016

1A 5V DC Fixed Voltage Regulator

Ock,,,

Bahasan berikutnya ialah rangkaian yg termasuk ke dalam kategori DC Fixed Voltage Regulator.

Berikut adalah gambar skematik rangkaian


dan berikut adalah gambar rangkaian yg telah jadi dan siap digunakan


Catatan :
  1. Rangkaian di atas secara umum dinamakan 1A 5V DC Fixed Voltage Regulator, yg berarti rangkaian ini mempunyai kekuatan maksimum penghantaran arus sebesar 1 Ampere dengan keluaran berupa tegangan DC teregulasi sebesar 5 Volt.
  2. Rangkaian ini hanya memiliki dua Output yaitu, Output +5V DC (tegangan positif DC 5 Volt) dan Output 0 (Ground).
  3. Rangkaian ini menggunakan IC Regulator LM7805 atau AN7805, tetapi dapat juga menggunakan IC Regulator lainnya yg sejenis dengan IC Regulator tersebut.
  4. Untuk mendapatkan nilai tegangan DC keluaran yg berbeda, maka rangkaian ini dapat menggunakan IC Regulator tipe lainnya, sebagai contoh menggunakan IC Regulator LM7806 untuk mendapatkan tegangan DC keluaran sebesar 6 Volt DC, atau IC Regulator LM7812 untuk mendapatkan tegangan DC keluaran sebesar 12 Volt DC, dan IC Regulator tipe-tipe lainnya untuk mendapatkan tegangan DC keluaran yg sesuai dengan keinginan kita. Untuk nilai maksimum arus yg mampu dihantarkan oleh masing-masing IC Regulator tersebut, maka wajib untuk membaca Datasheet dari masing-masing IC Regulator yg hendak digunakan.
  5. Rangkaian ini telah diperbaiki dengan penambahan berupa perunjang SCR (Silicon Controlled Rectifier) untuk perlindungan sirkuit dari kelebihan tegangan, atau biasa disebut SCR Crowbar Over Voltage Circuit, yang secara garis besar cara kerjanya ialah apabila SCR mendeteksi bahwa tegangan DC keluaran lebih besar dari tegangan DC keluaran yg diinginkan, maka secara otomatis SCR akan memutus Fuse (Sekering), sehingga rangkaian lain yg menggunakan tegangan DC keluaran dari rangkaian pengatur tegangan ini akan aman dan terhindar dari kerusakan akibat kelebihan tegangan, untuk keterangan sistem kerja yg lebih mendetail maka dapat dicari pada mesin pencari yg bernama Mbah GOGOL ;D
  6. Secara spesifik, pada rangkaian ini telah dilindungi dari kelebihan tegangan DC keluaran yg lebih besar dari 5 Volt DC dengan memanfaatkan Dioda Zener (Zener Diode) dengan nilai 5.1 Volt. Untuk perlindungan dari kelebihan tegangan DC keluaran lainnya yg menggunakan IC Regulator tipe lain, maka cukup dengan melakukan penggantian Diode Zener yg nilainya menyesuaikan dengan tegangan DC keluaran dari IC Regulator yg digunakan tersebut.
  7. Untuk keterangan yg lebih mendetail dan pe-modifikasi-an rangkaian untuk pengaturan tegangan dan arus dengan model rangkaian2 yg lain, maka wajib untuk membaca Datasheet IC Regulator LM7805.
  8. Begitu pula, dengan melakukan modifikasi, maka rangkaian DC Fixed Voltage Regulator ini dapat dirubah menjadi DC Adjustable Voltage Regulator, n vice versa of course,,, ;D

No comments:

Post a Comment