Tuesday, February 2, 2016

Penyearah (Rectifier)

Ock...

Bahasan mengenai elektronika (electronica) pada tulisan2 di blog ini akan banyak merujuk antara lain pada Talking Electronics (TE), web ini adalah salah satu web yg menurut gw terbaik dalam hal mengulas mengenai elektronika dan segala pernak-perniknya, gw highly recommended untuk web tersebut, karna gw jga banyak menggunakannya sebagai acuan dalam pembuatan berbagai rangkaian elektronika. Sebagai catatan, jangan lupa block pop-up window-nya untuk melihat index pada web tersebut dan web tersebut menggunakan bahasa Inggris, jadi mesti pinter2 bahasa Inggris-nya juga dong... hehehe :D

Tulisan kali ini akan mengulas tentang Penyearah (Rectifier). Secara mendasar rangkaian Rectifier ialah rangkaian yg bekerja mengubah Tegangan AC (Alternating Current Voltage) menjadi Tegangan DC (Direct Current Voltage), tetapi Tegangan DC Keluaran (DC Output Voltage) yg dihasilkan belum terlalu sempurna, yaitu masih mengandung riak (ripple), sehingga kita memerlukan tambahan rangkaian berikutnya yaitu dalam hal ini rangkaian Pengatur Tegangan (Voltage Regulator) untuk mendapatkan Tegangan DC Keluaran yg bagus.

Secara mendasar terdapat 2 (dua) jenis rangkaian Rectifier, yaitu :
  1. Penyerah Setengah Gelombang (Half-Wave Rectifier)
  2. Penyerah Gelombang Penuh (Full-Wave Rectifier)

Rangkaian Rectifier yg akan gw ulas ialah rangkaian penyearah sederhana dengan hanya menggunakan Diode BridgeElco (Electrolytic Condensor) dan Capacitor. Untuk lebih memahami mengenai rangkaian ini, maka diwajibkan untuk membaca :

Yupppsss... bahan bacaannya cukup dech buat satu tahun penuh... hahaha :D

Berikut adalah gambar rangkaian schematic yg dibuat dalam software EAGLE (Easyly Applicable Graphical Layout Editor)


dan berikut adalah gambar rangkaian yg telah jadi dan siap digunakan


Catatan :
  1. Maximum pengoperasian rangkaian ialah dengan arus sebesar 3 - 5A, untuk penggunaan arus diatas itu maka dianjurkan untuk memasang Dioda Bridge dengan menggunakan Pendingin (Heatsink) dan merubah besar jalur PCB (Printed Circuit Board) untuk aliran Tegangan + (Positive).
  2. Keluaran rangkaian ialah hanya 2 (dua) output, yaitu Tegangan + (Positive) dan 0 (Ground), tanpa Tegangan - (Negative).
  3. Capacitor berguna sebagai Tapis Frekuensi Tinggi (High-Frequency Filter).
  4. Elco berfungsi sebagai Tapis Frekuensi Rendah (Low-Frequency Filter).
  5. Jumlah dan besaran nilai pada Kumpulan Elco (Elco Bank), dapat dirubah-rubah sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  6. Besaran nilai Dioda Bridge juga disesuaikan dengan penggunaan arus yg diinginkan.

No comments:

Post a Comment